Aulia, Cindy Febry (2022) Analisis Kemampuan Memahami Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Tanjung Morawa T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1181113006 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2 NIM 1181113006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
3. NIM 1181113006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 1181113006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 1181113006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 1181113006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
13. NIM 1181113006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
7. NIM 1181113006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
12. NIM 1181113006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM 1181113006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang anak usia 5-6 tahun dan 1 orang guru kelas. Teknik analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengurutkan
lambang bilangan 1-10 pada saat kegiatan menyusun puzzle angka yang telah teracak menjadi puzzle angka yang beruturan menunjukkan hasil yang benar, kemampuan anak mencocokan bilangan dengan jumlah benda pada saat mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) menunjukkan hasil yang benar,
dan kemampuan anak menggunakan lambang bilangan untuk menghitung pada saat menggunakan media kartu angka untuk menghitung jumlah batu menunjukkan hasil yang tidak benar. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa ketiga orang anak lebih mampu memahami konsep bilangan dalam hal mengurutkan lambang bilangan 1-10 dan mencocokan bilangan dengan jumlah
benda. Sedangkan, dalam menggunakan lambang bilangan untuk menghitung anak kurang mampu memahaminya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konsep Bilangan; Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:43 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50358 |