Harahap, Neni Afrida (2022) First Language-Based Multilingual Education Model in English Language Learning. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8206115001 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 8206115001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
3. NIM 8206115001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 8206115001 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 8206115001 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
6. NIM 8206115001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 8206115001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
8. NIM 8206115001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM 8206115001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (863kB) | Preview
13. NIM 8206115001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
14. NIM 8206115001 BIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada pendidikan multi bahasa berbasis Bahasa pertama dalam pembelajaran Bahasa Inggris. PenelitianPengembangan oleh Plomp (1997) adalahmetode yang digunakan dalam penelitian terhadap siswa kelas empat dalam dua kelas parallel (kelompok experimental dan control) di tiga Sekolah Dasar pada tiga kecamatan yang berbeda di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yaitu: Kabanjahe, Singgamanik dan Batu Karang. Teknik analisis data dilakukansebanyak empat tahap yang terdiri dari: (1) Investigasiawal, (2) Desain/Prototype, (3) Realisasi/konstruksi, dan (4) Test, Evaluasi dan Revisi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rancangan model pembelajaran multi bahasa berbasis bahasapertama yang mencakup 5 komponenutama, yaitu: Sintaks Pembelajaran, Sistem Sosial, Manajemen Prinsip Reaksi, Sistem Pendukung, dan Dampak Instrukstional. (2) Model pembelajaran yang menghasilkanviliditastinggi, yaitu: validitasisi, validitas konstruk, validitasperangkatpembelajaran, uji reliabilitastinggi, tingkatkepraktisantinggi, (4) efektifitastinggi yang terdiridari: hasil belajar Bahasa Inggrissiswayang beradadiatas KKM (71.67), respon positif guru (95%), dan respon positif siswa (92.6%).Implikasidaripenelitianini berupa model pembelajaran multi bahasa berbasis Bahasa pertama anak (Bahasa Karo dan Bahasa Indonesia) yang secara efektif dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Rekomendasi untuk penelitianterkaitselanjutnya agar dapatmenerapkan model pembelajaran FL-BMLE ini pada matapelajaran lain di tingkatpendidikan yang berbedakhususnya di daerahterpencil di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.47 Har f |
Keywords: | Bahasa Pertama; Pendidikan Multi Bahasa; Model Pembelajaran |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 04:36 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50356 |