First Language-Based Multilingual Education Model in English Language Learning

Harahap, Neni Afrida (2022) First Language-Based Multilingual Education Model in English Language Learning. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8206115001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8206115001 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8206115001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8206115001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8206115001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8206115001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8206115001 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8206115001 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8206115001 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8206115001 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8206115001 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8206115001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8206115001 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8206115001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8206115001 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8206115001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8206115001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8206115001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (863kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8206115001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8206115001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8206115001 BIBIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8206115001 BIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada pendidikan multi bahasa berbasis Bahasa pertama dalam pembelajaran Bahasa Inggris. PenelitianPengembangan oleh Plomp (1997) adalahmetode yang digunakan dalam penelitian terhadap siswa kelas empat dalam dua kelas parallel (kelompok experimental dan control) di tiga Sekolah Dasar pada tiga kecamatan yang berbeda di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yaitu: Kabanjahe, Singgamanik dan Batu Karang. Teknik analisis data dilakukansebanyak empat tahap yang terdiri dari: (1) Investigasiawal, (2) Desain/Prototype, (3) Realisasi/konstruksi, dan (4) Test, Evaluasi dan Revisi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rancangan model pembelajaran multi bahasa berbasis bahasapertama yang mencakup 5 komponenutama, yaitu: Sintaks Pembelajaran, Sistem Sosial, Manajemen Prinsip Reaksi, Sistem Pendukung, dan Dampak Instrukstional. (2) Model pembelajaran yang menghasilkanviliditastinggi, yaitu: validitasisi, validitas konstruk, validitasperangkatpembelajaran, uji reliabilitastinggi, tingkatkepraktisantinggi, (4) efektifitastinggi yang terdiridari: hasil belajar Bahasa Inggrissiswayang beradadiatas KKM (71.67), respon positif guru (95%), dan respon positif siswa (92.6%).Implikasidaripenelitianini berupa model pembelajaran multi bahasa berbasis Bahasa pertama anak (Bahasa Karo dan Bahasa Indonesia) yang secara efektif dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Rekomendasi untuk penelitianterkaitselanjutnya agar dapatmenerapkan model pembelajaran FL-BMLE ini pada matapelajaran lain di tingkatpendidikan yang berbedakhususnya di daerahterpencil di Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372.47 Har f
Keywords: Bahasa Pertama; Pendidikan Multi Bahasa; Model Pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:36
Last Modified: 31 Jan 2023 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50356

Actions (login required)

View Item
View Item