BR Tamba, Irene (2022) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Perilaku Berpacaran Siswa Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183351008_COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 1183351008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 1183351008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM. 1183351008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM. 1183351008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 1183351008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. NIM. 1183351008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 1183351008_BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
12. NIM. 1183351008_BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM. 1183351008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap perilaku berpacaran pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian in adalah : Apakah ada Pengaruh
Layanan Konseling Kelompok pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap perilaku berpacaran pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi
experimental dengan menggunakan One group design pre-test dan Post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IPS 2 yang memiliki skor perilaku berpacaran tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku pacaran. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan Cognitive Behavioral Therapy terhadap perilaku berpacaran pada siswa. Hasil analisis diperoleh bahwa hasil awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 111.33 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 74.875. Hasil analisis diperoleh dari uji Wilcoxon menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 7 sedangkan Jtabel = 4. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu
Jhitung>Jtabel di mana 7 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy terhadap perilaku berpacaran pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2021/2022 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy; Perilaku Berpacaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ801 Man-woman relationships. Courtship. Dating |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 01:56 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50342 |