Tarigan, Esaulitna (2022) Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XII IPS Di SMAS Nusantara Tigalingga. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1181151026 COVER.pdf
Download (2MB)
2. 1181151026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. 1181151026 ABSTRACT.pdf
Download (2MB)
4. 1181151026 PREFACE.pdf
Download (2MB)
5. 1181151026 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (2MB)
6. 1181151026 TABLES.pdf
Download (2MB)
7. 1181151026 ILLUSTRATION.pdf
Download (2MB)
8. 1181151026 APPENDICES.pdf
Download (2MB)
9. 1181151026 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
10. 1181151026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. 1181151026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
12. 1181151026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. 1181151026 CHAPTER V.pdf
Download (2MB)
14. 1181151026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (2MB)
15. 1181151026 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XII IPS di SMAS Nusantara Tigalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XII IPS SMAS Nusantara Tigalingga yang memiliki skor prokrastinasi akademik yang tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa. Diperoleh rata-rata pre-test sebesar 103,75 dan rata-rata post-test sebesar 54,25. Hal ini menunjukkan terdapat penurunan prokrastinasi akademik siswa dengan rata-rata post-test lebih kecil dari rata-rata pre- test (54,25<103,75) dengan persentase penurunan sebesar 47,71%. Hal ini teruji dengan menggunakan uji wilcoxon yang diperoleh Jhitung > Jtabel dimana 17 > 4. Maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa “Ada pengaruh konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XII IPS di SMAS Nusantara Tigalingga” dapat diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Prokrastinasi Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Restrukturisasi Kognitif |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 20 Feb 2023 01:55 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 04:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50340 |
