Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XII IPS Di SMAS Nusantara Tigalingga

Tarigan, Esaulitna (2022) Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XII IPS Di SMAS Nusantara Tigalingga. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 1181151026 COVER.pdf] Text
1. 1181151026 COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. 1181151026 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 1181151026 APPROVAL SHEET.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 3. 1181151026 ABSTRACT.pdf] Text
3. 1181151026 ABSTRACT.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4. 1181151026 PREFACE.pdf] Text
4. 1181151026 PREFACE.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5. 1181151026 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 1181151026 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 6. 1181151026 TABLES.pdf] Text
6. 1181151026 TABLES.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7. 1181151026 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. 1181151026 ILLUSTRATION.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8. 1181151026 APPENDICES.pdf] Text
8. 1181151026 APPENDICES.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 9. 1181151026 CHAPTER I.pdf] Text
9. 1181151026 CHAPTER I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 10. 1181151026 CHAPTER II.pdf] Text
10. 1181151026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. 1181151026 CHAPTER III.pdf] Text
11. 1181151026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 12. 1181151026 CHAPTER IV.pdf] Text
12. 1181151026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. 1181151026 CHAPTER V.pdf] Text
13. 1181151026 CHAPTER V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 14. 1181151026 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. 1181151026 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 15. 1181151026 ENCLOSURE.pdf] Text
15. 1181151026 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XII IPS di SMAS Nusantara Tigalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XII IPS SMAS Nusantara Tigalingga yang memiliki skor prokrastinasi akademik yang tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa. Diperoleh rata-rata pre-test sebesar 103,75 dan rata-rata post-test sebesar 54,25. Hal ini menunjukkan terdapat penurunan prokrastinasi akademik siswa dengan rata-rata post-test lebih kecil dari rata-rata pre- test (54,25<103,75) dengan persentase penurunan sebesar 47,71%. Hal ini teruji dengan menggunakan uji wilcoxon yang diperoleh Jhitung > Jtabel dimana 17 > 4. Maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa “Ada pengaruh konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XII IPS di SMAS Nusantara Tigalingga” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Prokrastinasi Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Restrukturisasi Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:55
Last Modified: 13 Oct 2025 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50340

Actions (login required)

View Item
View Item