Mahrani, Mita (2022) INOVASI BAHAN AJAR KIMIA PEMISAHAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI KROMATOGRAFI PERTUKARAN ION. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181131031 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4181131031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3. NIM 4181131031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM 4181131031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. NIM 4181131031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM 4181131031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
7. NIM 4181131031 TABLES.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
8. NIM 4181131031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
9. NIM 4181131031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
13. NIM 4181131031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM 4181131031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
Abstract
Penerapan inovasi bahan ajar berbasis proyek diperlukan untuk membekali siswa menjadi pembelajar yang mandiri dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan analisis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan bahan ajar inovatif berbasis proyek untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dalam meningkatkan hasil belajar kimia pemisahan pada materi kromatografi pertukaran ion. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dan standarisasi bahan ajar inovatif yang dilaksanakan pada tahun 2021/2022. Pada tahap implementasi digunakan desain penelitian dengan memberikan pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis yang digunakan analisis deksriptif, uji normalistas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu belajar ajar inovatif merupakan bahan ajar yang telah layak dengan memadukan media pembelajaran interaktif dan kegiatan proyek video dalam sebuah e-modul, sehingga memudahkan siswa untuk belajar dimana saja. Dibandingkan hasil belajar kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, prestasi belajar kelas eksperimen menggunakan bahan ajar berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Paket pembelajaran inovatif ditemukan efektif dalam membimbing siswa belajar kimia pemisahan materi kromatografi pertukaran ion secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-KIM-110 / 371.33 Mah i |
Keywords: | Sumber belajar inovatif, Kimia Pemisahan, Bahan ajar berbasis proyek, Hasil belajar, Kromatografi pertukaran ion |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 08:20 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50246 |