Simanjuantak, Juan Samuel (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183331016 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4183331016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
3. NIM 4183331016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM 4183331016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM 4183331016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. NIM 4183331016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM 4183331016 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 4183331016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM 4183331016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM 4183331016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM 4183331016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Produk Kelarutan dan Kelarutan pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yang terdiri dari 30 siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pembelajaran kimia yang dikembangkan berdasarkan expert judgement telah memenuhi standar kelayakan BSNP, rata-rata hasil validasi diperoleh skor kelayakan isi rata-rata (3,84 ), kelayakan bahasa (3,75), kelayakan penyajian (3,75), dan kelayakan grafis (3,76); 2) berdasarkan penilaian tanggapan guru dan siswa yang telah memenuhi standar kelayakan BSNP diperoleh berdasarkan materi (3,84), penampilan (3,87) dan manfaat (3,69); 3) hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan modul pembelajaran kimia Problem Based Learning lebih tinggi dari KKM (75) dengan rata-rata 81,07.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-KIM-104 / 371.33 Sim p |
Keywords: | Problem Based Learning, HOTS, modul, hasil belajar, BSNP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 03:35 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50243 |