Pakpahan, Yezkyna Ringan (2022) Pengembangan Civic Responsibility Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183311025 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 3183311025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 3183311025 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM. 3183311025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 3183311025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM. 3183311025 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. NIM. 3183311025 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8 NIM. 3183311025 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM. 3183311025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM. 3183311025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 3183311025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan ekstrakurikuler dalam membangun civic responsibility siswa di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan dan mendeskripsikan apa saja yang menjadi tantangan dalam pengembangan civic responsibility siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kegiatan ektrakulikuler dalam membangun civic responsibility siswa di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan serta yang menjadi tantangan dalam pengembangan civic responsibility siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif yang mengacu kepada teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pembina ekstrakurikuler yang berjumlah lima orang dan siswa yang berjumlah 12 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menurut Milles dan Huberman (1992:90) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan melalui berbagai macam bentuk kegiatan ekstrakurikuler diyakini mampu membina serta menguatkan siswa untuk menjalankan perannya dengan penuh tanggung jawab, serta dapat memberikan berbagai dampak positif dalam mengatasi setiap problematika yang muncul pada dirinya dengan penuh tanggung jawab. Tantangan dan hambatan pada dasarnya hambatan tersebut bisa muncul dari diri individu situasi dan kondisi dari luar lingkungan misalnya sikap jenuh siswa untuk malas mengikuti rangkaian kegiatan ekstrakurikuler tidak disiplin dan jarang mengerjakan tugas dari pembina dan lain sebagainya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-060 |
Keywords: | Tanggung Jawab; Ekstrakurikuler; Problematika Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:35 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50198 |