SIMATUPANG, YOSI HASMITA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA MOVIE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X OTKP DI SMK NEGERI 1 SIATAS BARITA TARUTUNG T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183344017 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 7183344017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
3. NIM. 7183344017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM 7183344017 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM 7183344017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM 7183344017 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7183344017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7183344017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 7183344017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM 7183344017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM 7183344017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Movie Learning Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X OTKP di SMK N 1 Siatas Barita Tarutung T.A 2021/2022.
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis media movie learning terhadap hasil belajar korespondensi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana yang melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis media movie learning dan kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Movie Learning lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar menggunakan model discovery learning. Hasil Uji Statistik menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan model PBL berbasis media movie learning adalah pre-test sebesar 46,91, standar deviasi = 12,49 dan post-test sebesar 84,85, standar deviasi = 14,16 sedangkan hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning adalah pre-test sebesar 41,71, Standar Deviasi = 11,81 dan post-test sebesar 70,93, Standar Deviasi = 18,46. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_hitung > t_(tabel ) yaitu 3,54 > 1,669 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran PBL berbasis media movie learning terhadap hasil belajar korespondensi siswa kelas X OTKP di SMK N 1 Siatas Barita Tarutung T.A 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran PBL Berbasis Media Movie Learning, Model Discovery Learning, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 08:48 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50191 |