Ambarita, Biner (2009) BELAJAR MELALUI PERMASALAHAN PENDIDIKAN BAHASA. Jurnal Bahas, 18 (01). ISSN 0852-8515
Fulltext.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Kita belajar dan memahami menggunakan bahasa. Bahasa adalah objek dasar yang sangat esensial dalam pemaknaan hidup dan kehidupan. Bahasa bukanlah sekedar dialek dan cara berkomunikasi semata, melainkan juga bagian dari cara hidup kelompok sosial. Bahasa menunjukkan bagaimana seseorang atau sekelompok orang berfikir. Bahasa yang digunakan oleh orang atau kelompok akan meneguhkan identitas seseorang atau kelompok tersebut. Bahasa merupakan sesuatu yang hidup dan dinamis dalam energi dan aktivitas manusia. Bahasa bukanlah sesuatu yang berasal dari luar proses aktivitas, namun dari pemanfaatan organik dan pembangkitan dari daya kreatif manusia, sehingga bahasa merupakan pola dan bentuk yang diasumsikan oleh pikiran manusia. Permasalahan pendidikan bahasa memiliki cakupan yang luas terkait pemahaman makna hasil pikiran, alih ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, komunikasi, penamaan dan aturan-aturan dalam kehidupan
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Belajar; Pendidikan bahasa; Filsafat; Teknologi; Rupabumi; Kebijakan |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 09:27 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/501 |