Gultom, Riski Handani (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMA SWASTA GKPI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4173121044 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM 4173121044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
3. NIM 4173121044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM 4173121044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 4173121044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM 4173121044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 4173121044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM 4173121044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 4173121044 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM 4173121044 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 4173121044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kelayakan e-modul berbasis saintifik pada materi fluida statis yang telah dikembangkan, (2) mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap e-modul fisika berbasis
saintifik berbantuan kvisoft flipbook maker pada materi fluida statis, (3) mengetahui tingkat keefektifan e-modul berbasis saintifik pada materi fluida statis yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Swasta GKPI Medan yang berjumlah 30 orang peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik terhadap e-modul berbasis saintifik, dan instrumen test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan e-modul berbasis saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentase 88,7% dan ahli media 90,1% %. (2) tingkat
kepraktisan media e-modul berbasis saintifik yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon dari salah satu guru bidang studi memperoleh persentase sebesar 91%. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan melibatkan 10
responden dengan presentasi 80,6% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba luas dengan melibatkan 30 responden memperoleh presentasi sebesar 82,4% dengan kriteria sangat praktis (3) tingkat keefektifan emodul berbasis saintifik pada materi fluida statis di SMA yang telah dikembangkan yaitu kategori tinggi. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata N-gain sebesar 0,73. Maka disimpulkan bahwa e-modul dapat dinyatakan valid, praktis
dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 033 |
Keywords: | Modul elektronik; Saintifik; Fluida statis; Kvisoft flipbook maker; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:15 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50025 |