Lamtiur, Inki Yun (2022) PENGARUH MACROMEDIA FLASH BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.4183331037 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM.4183331037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
3. NIM.4183331037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. NIM.4183331037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM.4183331037 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. NIM.4183331037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM.4183331037 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM.4183331037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM.4183331037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. NIM.4183331037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap motivasi belajar siswa SMA pada pokok bahasan laju reaksi; (2) pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan laju reaksi; (3) mengetahui korelasi yang positif antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan macromedia flash pada pokok bahasan laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan pada semester ganjil TA. 2021/2022 yang terdiri dari 5 kelas (175 siswa). Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI-IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen non tes untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji hipotesis dan uji korelasi. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol pada data pretest adalah 57,25 dan 57,75. Nilai postest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 83,5 dan 74. Hasil analisis data motivasi belajar diperoleh thitung > ttabel (5,27 > 1,68) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap motivasi belajar siswa SMA pada pokok bahasan laju reaksi. Hasil analisis data hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (4,27 > 1,68) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan laju reaksi. Hasil uji korelasi menunjukkan ada korelasi positif antara motivasi dengan hasil belajar menggunakan macromedia flash dengan nilai rxy = 0,814 (kategori tinggi) dan kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 66,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 030 |
Keywords: | Macromedia flash; Problem based learning; Motivasi belajar; Laju reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:43 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50010 |