Marpaung, Febiola Rohani (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WEBBLOG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4183331024 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 4183331024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
3. NIM. 4183331024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM. 4183331024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM. 4183331024 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 4183331024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM. 4183331024 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 4183331024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM. 4183331024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. NIM. 4183331024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
14. NIM. 4183331024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan webblog terhadap motivasi belajar siswa SMA pada pokok bahasan ikatan kimia; (2) pengaruh penggunaan media webblog terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan ikatan kimia; (3) mengetahui korelasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan media webblog pada pokok bahasan ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan pada semester ganjil TA. 2020/2021. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-IPA 5 sebagai kelas eksperimen (30 siswa) yang dibelajarkan dengan webblog dan kelas X-IPA 1 sebagai kelas kontrol (30 siswa) yang dibelajarkan dengan media powerpoint pada materi ikatan kimia. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen non tes untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara statistik dengan uji t pihak kanan dan uji korelasi. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperiment dan kelas kontrol pada data pretest adalah 57,5 dan 56,75. Nilai postest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 82,5 dan 73,5. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil Uji t diperoleh t-hit > t-tabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh penggunaan media Webblog terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi ikatan kimia dan ada pengaruh penggunaan media Webblog terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi ikatan kimia yang menggunakan media Webblog. Uji korelasi menunjukkan bahwa motivasi belajar berkorelasi positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa dengan nilai r sebesar 0,723 pada pembelajaran ikatan kimia yang menggunakan media webblog.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 017 |
Keywords: | Webblog; Ikatan kimia; Motivasi belajar; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49996 |