Hasiando, Fernandus (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ZOOM CLOUD MEETING DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA SWASTA BUDI MURNI 3 MEDAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153121021 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4153121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 4153121021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM. 4153121021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 4153121021 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 4153121021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4153121021 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4153121021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4153121021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM. 4153121021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 4153121021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertjujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran zoom cloud meeting terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan kelas X semester genap di SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 15 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 26,50 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 25,97. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (0,18 < 1,84) maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Setelah selesai dilakukan pembelajaran pada kedua kelas maka dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 69,30 dan nilai rata-rata kelas kontrol 46,63. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh bahwa thitung > ttabel (7,7 > 1,59) maka Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis zoom cloud meeting terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan kelas X semester genap di SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 045 |
Keywords: | Zoom cloud meeting; Google classroom; Momentum; Media pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:01 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49992 |