Sinaga, Astrika Sari (2022) MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4183331002 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4183331002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
3. NIM. 4183331002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM. 4183331002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM. 4183331002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
6. NIM. 4183331002 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 4183331002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 4183331002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 4183331002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 4183331002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 4183331002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran berbasis android yang dimodifikasi pada materi laju reaksi telah sesuai dengan standar kelayakan BSNP, dan mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai KKM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang menghasilkan suatu produk yang dimodifikasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 ahli media, 1 ahli materi, 3 praktisi pembelajaran dan 1 kelas XI IPA 3 di SMA N 1 Bangun Purba yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket validasi media berdasarkan BSNP dan tes evaluasi siswa. Data kelayakan media dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil belajar dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pihak kanan. Modifikasi yang dimaksud disini yakni memodifikasi media pembelajaran berbasis android menjadi lebih menarik dengan menambahkan animasi untuk memvisualkan materi teori tumbukan dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dimodifikasi pada materi laju reaksi memiliki kategori sangat layak, menurut ahli materi dengan nilai rata-rata 3,80, ahli media 3,64, dan praktisi pembelajaran 3,73. Hasil uji-t pihak kanan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai KKM, dengan perolehan rata-rata hasil belajar sebesar 87,65 dengan presentase ketuntasan siswa sebesar 100%. Dan diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,80 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 015 |
Keywords: | Media pembelajaran; Android; Laju reaksi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 03:23 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49959 |