PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK JAMBI MEDAN

ANDARESTA, ROMANNA ANGEL (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7183344009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7183344009 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7183344009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7183344009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7183344009 APPROVAL AND ENDORSEMENT SHEET.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7183344009 APPROVAL AND ENDORSEMENT SHEET.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7183344009 STATEMENT OF AUTHENTICITY.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7183344009 STATEMENT OF AUTHENTICITY.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7183344009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7183344009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7183344009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7183344009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7183344009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7183344009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7183344009 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7183344009 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7183344009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7183344009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 7183344009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 7183344009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 7183344009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 7183344009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 7183344009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
15. NIM 7183344009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM. 7183344009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
16. NIM. 7183344009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview

Abstract

Romanna Angel Andaresta, NIM. 7183344009. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Jambi Medan”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Medan.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Model Pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran Sarana dan Prasarana di MPLB SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MPLB I dan II yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam kelas XI MPLB I (Eksperimen I) yang berjumlah 29 orang dan kelas XI MPLB II (Eksperimen II) yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test sebesar 68,6. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen II adalah 65,5. Uji coba awal kelas eksperimen I dan II diketahui bahwa hasil belajar siswa masih di bawah rata-rata sebelum pengenalan Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Problem Posing. Hasil post-test dari kelas eksperimen I dan II mengungkapkan bahwa setelah mahasiswa terbantu pada kedua mata kuliah tersebut, hasil tes mereka mulai meningkat. Siswa kelas eksperimen I yang mendapat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share memiliki nilai rata-rata 80,87. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II yang diberi pembelajaran Model Pembelajaran Problem Posing adalah 78,83.
Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,398 dan ttabel sebesar 1,705 pada taraf signifikan 95% dan dk = n1 + n2 = 29 + 31 – 2 = 58. Jika thitung dibandingkan dengan ttabel maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,398 > 1,705. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Problem Posing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Sarana dan Prasarana. Jika dibandingkan dengan Model Pembelajaran Problem Posing yang digunakan untuk mengajar kelas XI MPLB II dengan jumlah presentase sebanyak 74% di SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023, sedangkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair and Share lebih baik, dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 78,88% pada kelas XI MPLB I pada mata peelajaran Sarana dan Prasarana SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair and Share, Model Pembelajaran Problem Posing, dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:05
Last Modified: 18 Jan 2023 07:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49951

Actions (login required)

View Item
View Item