Manullang, Isabella Margaretta (2022) Peran Guru PPKn Dalam Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3181111011 COVER.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2. NIM. 3181111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 3181111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 3181111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. NIM. 3181111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 3181111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 3181111011 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 3181111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 3181111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
13. NIM. 3181111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
14. NIM. 3181111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah,seluruh guru PPKn, serta 5 orang siswa kelas VIII SMP NEGERI 3 Percut Sei Tuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data (display data) dan verifikasi (menarik kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan peran guru PPKn dalam mengimplementasikan pembinaan sikap disiplin peserta didik di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan sudah berhasil, berdasarkan ketiga variabel dari indikator yang diangkat dalam penelitian ini. Upaya yang dilakukan guru PPKn dan kepala sekolah dalam pembinaan kedisiplinan adalah dengan memberikan hukuman dan sanksi yang tegas bagi peserta didik yang tidak taat melanggar peraturan dan tidak disiplin baik saat belajar maupun saat kegiatan diluar pembalajaran di lingkungan sekolah, namun guru PPKn dan kepala sekolah juga memberikan penghargaan seperti pujian dan cendramata bagi peserta didik yang selalu disiplin dalam melaksanakan tata tertib sekolah. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam pembinaan sikap disiplin waktu dan belajar tidak mengalami kendala, walaupun masih ditemukan beberapa orang peserta didik yang belum sepenuhnya dan kurang sadar memiliki sikap displin. Namun Pada pelaksanaan sikap disiplin ibadah ditemukan kendala yaitu kesadaran yang ada di dalam diri siswa belum tertanam nilai ibadah, hal itu dikarenakan siswa yang begitu banyak sehingga pengawasan terhadap siswa baik dalam pembelajaran maupun luar pelajaran masih belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-073 |
Keywords: | Peran Guru; pengawasan siswa; kedisiplinan peserta didik; |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 01:18 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 01:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49947 |