SAFII, MUHAMMAD FEBRI (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC) PADA MATERI KONSEP ILMU EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X SMA TARUNA PBD MEDAN T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153341050 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7153341050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. NIM. 7153341050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM. 7153341050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM. 7153341050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM. 7153341050 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 7153341050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 7153341050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
13. NIM. 7153341050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
12. NIM. 7153341050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Muhammad Febri Safii, NIM. 7153341050, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific) Pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi untuk Siswa Kelas X SMA Taruna PBD Medan T.A. 2021/2022”, Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik (scientific) pada materi konsep ilmu ekonomi untuk siswa kelas X SMA Taruna PBD Medan T.A. 2021/2022 sudah memenuhi kriteria valid dan untuk mengetahui hasil pengembangan lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan saintific (scientific) pada materi konsep ilmu ekonomi untuk siswa kelas X SMA Taruna PBD Medan T.A. 2021/2022 sudah memenuhi kriteria praktis dan efektif serta layak digunakan pada pembelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Taruna PBD Medan.
Penelitian ini merupakan jenis dari penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan produk terdiri dari analisis, desain atau perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi atau biasa dikenal dengan model ADDIE. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen Ekonomi, satu guru SMA Taruna PBD Medan, dan satu praktisi percetakan, serta 30 siswa sebagai objek penelitian. Tahap pengembangan lembar kerja siswa ini sampai pada evaluasi uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mencari skor rata-rata dan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS layak digunakan untuk pembelajaran Ekonomi materi Konsep Ilmu Ekonomi bagi siswa kelas X SMA. Hal tersebut ditunjukkan oleh: (1) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator A yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,93, (2) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator B yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,73, (3) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator C yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,85, (4) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator D yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,55, (5) total hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator A, B, C, dan D yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,765, (6) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh responden dengan kriteria praktis yaitu “Praktis” dengan skor rata-rata 3,80, (7) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh responden dengan kriteria efektif yaitu “Efektif” dengan skor rata-rata 3,845.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan LKS, Pendekatan Saintifik, ADDIE, dan Konsep Ilmu Ekonomi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4 Engineering economy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 03:43 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49817 |