PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC) PADA MATERI KONSEP ILMU EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X SMA TARUNA PBD MEDAN T.A. 2021/2022

SAFII, MUHAMMAD FEBRI (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC) PADA MATERI KONSEP ILMU EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X SMA TARUNA PBD MEDAN T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7153341050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7153341050 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7153341050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7153341050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7153341050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7153341050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7153341050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7153341050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7153341050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7153341050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7153341050 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7153341050 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7153341050 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7153341050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7153341050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7153341050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7153341050 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7153341050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7153341050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7153341050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Muhammad Febri Safii, NIM. 7153341050, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific) Pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi untuk Siswa Kelas X SMA Taruna PBD Medan T.A. 2021/2022”, Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik (scientific) pada materi konsep ilmu ekonomi untuk siswa kelas X SMA Taruna PBD Medan T.A. 2021/2022 sudah memenuhi kriteria valid dan untuk mengetahui hasil pengembangan lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan saintific (scientific) pada materi konsep ilmu ekonomi untuk siswa kelas X SMA Taruna PBD Medan T.A. 2021/2022 sudah memenuhi kriteria praktis dan efektif serta layak digunakan pada pembelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Taruna PBD Medan.
Penelitian ini merupakan jenis dari penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan produk terdiri dari analisis, desain atau perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi atau biasa dikenal dengan model ADDIE. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen Ekonomi, satu guru SMA Taruna PBD Medan, dan satu praktisi percetakan, serta 30 siswa sebagai objek penelitian. Tahap pengembangan lembar kerja siswa ini sampai pada evaluasi uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mencari skor rata-rata dan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS layak digunakan untuk pembelajaran Ekonomi materi Konsep Ilmu Ekonomi bagi siswa kelas X SMA. Hal tersebut ditunjukkan oleh: (1) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator A yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,93, (2) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator B yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,73, (3) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator C yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,85, (4) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator D yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,55, (5) total hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh validator A, B, C, dan D yaitu “Baik” dengan skor rata-rata 3,765, (6) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh responden dengan kriteria praktis yaitu “Praktis” dengan skor rata-rata 3,80, (7) hasil penilaian LKS Ekonomi di SMA Taruna PBD Medan oleh responden dengan kriteria efektif yaitu “Efektif” dengan skor rata-rata 3,845.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan LKS, Pendekatan Saintifik, ADDIE, dan Konsep Ilmu Ekonomi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4 Engineering economy
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:43
Last Modified: 12 Jan 2023 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49817

Actions (login required)

View Item
View Item