Hutabalian, Gebi Mariana (2022) Efektivitas Penerapan Kurikulum Profil Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Siswa Di SDN 104201 Desa Kolam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183111047 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 3183111047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. NIM. 3183111047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM. 3183111047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. NIM. 3183111047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 3183111047 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 3183111047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM. 3183111047 BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
12. NIM. 3183111047 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
13. NIM. 3183111047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penerapan kurikulum profil pelajar Pancasila berpengaruh terutama pada karakter siswa.Kurikulum profil pelajar pancasila yaitu kurikulum yang baru saja diterapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.Profil pelajar pancasila yaitu kurikulum yang memuat enam indikator atau dimensi, yaitu 1.Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2.Mandiri, 3.Bergotong royong, 4.Berkebinekaan global, 5.Bernalar kritis, 6.Kreatif. Penerapan kurikulum profil pelajar pancasila ini sangat berpengaruh terhadap karkter siswa, maka dari itu enulis ingin melakukan penelitian dengan pertanyaan: bagaimana Efektivitas Penerepan Penerapan Kurikulum Profil Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Siswa Di Sdn 104201?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: Mengetahui Bagaimana Efektivitas Penerapan Dari Kurikulum Profil Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Siswa Di SDN 104201 Desa Kolam.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat diSDN 104201 Jalan Pendidikan,No23 Desa Kolam Kecamatan Precut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.Adapun informan atau narasumber dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajar di SDN 104201 Desa Kolam tersebut, dan juga kepala sekolah SDNDesa Kolam.Untuk menganalisis data hasil temuan di lapangan berupa informasi dari hasil wawancara catatan lapangan dan dokumentasi dapat dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Penerepan Penerapan Kurikulum Profil Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Siswa Di Sdn 104201 sudanh dilakukan dengan baik dan sudah cukup efektif.Hal tersebut dapat terbukti danterlihat dari sikap dan karakter siswa yang bisa dikatakan baik dan di dalam kurikulum profil pelajar pancasila ini siswa lebih memilih dimana bakatnya, bukan seperti kurikulum sebelumnya yang menuntut harus tau semua pelajaran.Selanjtnya keenam indikator profil pelajar pancasila ini juga sudah terlaksana dengan baik, dengan projek yang dilakukan sudah terimplementasi juga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-062 |
Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum; Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 08:26 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49738 |