RANGKUTI, MUTHIA INDRIANI (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKL DI SMK SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7181142008 COVER.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2. NIM. 7181142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
3. NIM. 71811142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4. NIM. 7181142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 7181142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM.7181142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 7181142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 7181142008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM. 7181142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
Abstract
Muthia Indriani Rangkuti, NIM : 7181142008. Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X AKL Di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2021/2022 melalui penerapan model Problem Based Learning berbasis Lesson Study.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adlah siswa kelas X AKL yang berjumlah 21 orang. Objek penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 1 siswa (4,8%) yang masuk dalam kategori aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori aktif meningkat menjadi 19 siswa (90,4%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥71,88%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre test 37,1 dengan siswa yang tuntas 1 siswa (4,8%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata 47,8 dengan siswa yang tuntas 6 siswa (28.6%) dan meningkat di hasil post test II dengan nilai rata-rata 87,1 dengan siswa yang tuntas 19 siswa (90,4%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥90% . Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian di kelas X AKL SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajarkan 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. > PN4775 Technique. Practical journalism |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 01:57 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49707 |