Sinurat, Patricia (2022) Peran Guru PPKn dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3183111051 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 3183111051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM 3183111051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 3183111051 ACKNOWLEDGEMNETS.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM 3183111051 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 3183111051 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 3183111051 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 3183111051 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 3183111051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM 3183111051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 3183111051 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam membentuk karakter siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Medan, yang berlokasi di Jalan Ansari No.34, Sei Rengas I, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif sederhana, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMA Negeri 6 Medan, menyebarkan angket kepada siswa, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas X SMA Negeri 6 Medan yang berjumlah 214 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 siswa yaitu 20% dari jumlah populasi yang diambil secara acak sederhana (random sampling). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tabel frekuensi penelitian menunjukkan bahwa 76,43% siswa setuju bahwa guru berperan penting dalam pembentukan karakter siswa kelas X yaitu religius, jujur, disiplin, dan peduli sosial di SMA Negeri 6 Medan. Oleh karena itu guru PPKn harus dapat terus mempertahankan dan juga meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar dan membina karakter peserta didik agar tercipta siswa yang memiliki wawasan yang luas dan berkarakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-103 |
Keywords: | Peran Guru; Guru PPKn; Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49696 |