Nilmarito, Suriati (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT BERBASIS VISUALISASI HASIL PERHITUNGAN KIMIA KOMPUTASI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206141004 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 8206141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8206141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 8206141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 8206141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 8206141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. 8206141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. 8206141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. 8206141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. 8206141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. 8206141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan dan pemakaian media pembelajaran materi larutan elektrolit dan nonelektrolit; mengembangkan media pembelajaran berbasis visualisasi hasil perhitungan kimia komputasi materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan BSNP; mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dibelajarkan menggunakan media berbasis visualisasi hasil perhitungan kimia komputasi; mengetahui motivasi belajar siswa setelah penerapan media; dan mengetahui hubungan antara motivasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pemodelan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap tahun ajaran 2021/2022 MAN 2 Padangsidempuan. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA-3 sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket berdasarkan BSNP, tes objektif yang valid dan reliabel, dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan bantuan program SPSS 22 for windows dengan tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dibutuhkan media pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan belajar siswa; media pembelajaran materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis visualisasi hasil perhitungan kimia komputasi berdasarkan hasil validasi diperoleh 95%; terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah dibelajarkan dengan media berbasis visualisasi hasil perhitungan kimia komputasi sebesar 85,64%; motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi hasil perhitungan kimia komputasi diperoleh sebesar 87,97; dan terdapat hubungan motivasi terhadap hasil belajar secara signifikan ( =5%) pada siswa yang dibelajarkan dengan media berbasis visualisasi hasil perhitungan kimia komputasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit sebesar 0,595.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.307 2 Nil p |
Keywords: | Komputasi; visuasisasi; hasil belajar; motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 09:57 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 09:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49607 |