Ester (2022) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8214081010 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8214081010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 8214081010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM. 8214081010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 8214081010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8214081010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8214081010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8214081010 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8214081010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
13. NIM. 8214081010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8214081010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan dan keefektifan pengembangan bahan ajar tematik berbasis nilai-nilai kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil validitas ahli bahasa 90.38%, ahli desain pembelajaran 85,41% dan ahli materi 75%. Dari hasil validasi desain pembelajaran yang dikembangkan maka ini termasuk dalam kriteria sangat baik dan dinyatakan valid serta layak untuk digunakan; (2) pengembangan bahan ajar tematik berbasis nilai-nilai kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikategorikan praktis karena hasil tanggapan respon siswa dari uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan; dan (3) Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar tematik berbasis nilai-nilai kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan asumsi nilai hasil belajar siswa lebih tinggi saat menggunakan bahan ajar tematik berbasis nilai-nilai kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. hasil keefektifan bahan ajar sebesar 92% yang berada pada kategori sangat baik. sehingga pada kesimpulan akhir bahan ajar tematik berbasis nilai-nilai kearifan local sangat layak dan efektif untuk di kembangkan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran. Diharapkan bahan ajar ini mampu menigkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.9 Est p |
Keywords: | Bahan Ajar Tematik; Kearifan Lokal; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 03:09 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49598 |