Sinaga, Jose Andreas Gandhi (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI (COMPUTATIONAL THINKING) SISWA SMA DALAM PEMECAHAN MASALAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183111094 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4183111094 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 4183111094 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 4183111094 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 4183111094 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 4183111094 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
13. NIM. 4183111094 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
14. NIM. 4183111094 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya kemampuan berpikir komputasi siswa. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah bebras. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 14 orang siswa. Subjek wawancara terdiri dari 5 orang siswa yang mewakili tingkat kemampuan berpikir komputasi tinggi, sedang, dan rendah. Dalam penelitian ini digunakan instrument utama adalah peneliti sendiri dan untuk pengukuran kemampuan berpikir komputasi siswa digunakan instrument bebras task yang diadopsi langsung dari kumpulan masalah bebras.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir komputasi siswa termasuk kategori rendah dengan rata-rata 57,50. Kesulitan siswa menyelesaikan bebras task terjadi pada setiap indikator kemampuan berpikir komputasi, yaitu: (a) kesulitan dekomposisi siswa terjadi pada kesulitan memahami fakta dan konsep matematika, (b) kesulitan berpikir pola siswa terjadi pada kesulitan memahami prinsip matematika dalam menyelesaikan masalah bebras, (c) kesulitan berpikir algoritma siswa terjadi pada kesulitan memahami prosedur pemecahan masalah bebras, dan (d) kesulitan berpikir abstraksi siswa terjadi pada kesulitan memahami fakta dan konsep matematika dalam menyelesaikan masalah bebras.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 113 |
Keywords: | Berpikir komputasi; Bebras task; Pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:11 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49541 |