PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE (SMART APPS CREATOR) DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 5 MEDAN

Sihombing, Alex Wiranto (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE (SMART APPS CREATOR) DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173111004  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173111004 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173111004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173111004 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173111004 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173111004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173111004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173111004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173111004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173111004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173111004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173111004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173111004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis mobile dalam model Problem Based Learning (PBL) pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Medan T.A 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen serta kelas VII-3 berlaku sebagai kelas kontrol. Kelas eskperimen dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis mobile dalam model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (post-test) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 60,81; lebih tinggi daripada hasil rata-rata skor tes akhir siswa keas kontrol (kelas konvensional) yaitu 41,06. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistik nilai t_hitung>t_tabel (12,01 > 1,669) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut juga menandakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kemudian pada skor angket respon siswa terhadap media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,72%, dimana nilai rata-rata tersebut termasuk pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 106
Keywords: Pembelajaran interaktif; Mobile learning, Problem based learning; Pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:55
Last Modified: 07 Dec 2022 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49527

Actions (login required)

View Item
View Item