Nainggolan, Ivana Odelia (2022) ANALISIS BUTIR SOAL TES SUMATIF BIOLOGI PADA SEMESTER GANJIL KELAS 11 MIA DI SMA METHODIST – 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4182141021 COVER.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
2. 4182141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (879kB) | Preview
3. 4182141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
4. 4182141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
5. 4182151005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
6. 4182151005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
7. 4182151005 TABLES.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
8. 4182151005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
9. 4182151005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (810kB) | Preview
13. 4182151005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
14. 4182151005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
Abstract
Analisis butir soal merupakan aktivitas untuk menentukan kualitas dan tingkat dari butir soal. Hasil analisis dapat digunakan untuk meningkatkan butir soal yang telah di buat. Namun beberapa guru jarang bahkan tidak pernah menganalisis butir soal yang digunakan untuk tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas butir soal tes sumatif biologi Pada Semester Ganjil Kelas 11 MIA Di SMA Methodist – 8 Medan tahun ajaran 2020/2021 dan 2021/2022 menggunakan analisis kuantitatif, kualitatif, dan ranah kognitif Taksonomi Bloom. Penelitian deskriptif ini mencakup seluruh siswa kelas 11 MIA tahun ajaran 2020/2021 dan 2021/2022 dan butir soal tes sumatif biologi. Pada butir soal 11 MIA tahun ajaran 2020/2021, pada uji validitas terdapat 4 butir soal (16%) yang valid dan 21 butir soal (84%) tidak valid, reliabilitas -1.82 (sangat rendah), tingkat kesukaran terdapat 23 butir soal (92%) yang mudah, dan 2 butir soal (8%) yang sedang, daya pembeda terdapat 19 butir soal (76%) yang buruk, 4 butir soal (16%) yang sedang, 1 butir soal (4%) yang baik, dan 1 butir soal lainnya (4%) sangat baik, keberfungsian pengecoh terdapat 3 butir soal (12%) yang sangat baik, 14 butir soal (56%) baik, dan 8 butir (32%) kurang baik. Pada ranah kognitif Taksonomi Bloom C1 ada 13 butir soal (52%), C2 ada 7 butir soal (28%), C3 dan C4 masing-masing 2 butir soal (8%) dan C5 1 butir soal (4%). Pada butir soal 11 MIA tahun ajaran 2021/2022, pada uji validitas terdapat 12 butir soal (48%) yang valid dan 13 butir soal (52%) tidak valid. reliabilitas 0.28 (rendah), daya pembeda terdapat 13 butir soal (52%) yang buruk, 9 butir soal (36%) yang sedang, dan 3 butir soal (12%) yang baik, tingkat kesukaran terdapat 24 butir soal (96%) yang mudah, dan 1 butir soal (4%) yang medium, keberfungsian pengecoh terdapat 2 butir soal (8%) yang sangat baik, 11 butir soal (44%) yang baik, 8 butir soal (32%) yang kurang baik, dan 4 butir soal (16%) yang buruk. Pada ranah kognitif Taksonomi Bloom C1 ada 13 butir soal (52%), C2 ada 7 butir soal (28%), C3 terdapat 2 butir soal ( 8%), C4 5 butir soal (20%) dan C5 1 butir soal (4%). Seluruh butir soal memenuhi aspek materi dan bahasa. Namun, hanya 23 butir soal tidak memenuhi salah satu aspek konstruksi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-173 / 371.26 Nai a |
Keywords: | Analisis; Tes Sumatif biologi; Kuantitatif; Kualitatif; Taxonomy Bloom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 07:57 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49450 |