Jumiati (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI SMK PAB 2 HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.
0_8126122027-Cover.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
1_8126122027-Pengesahan.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2_8126122027-Abstrak.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3_8126122027-Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4_8126122027-Daftar isi.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5_8126122027-Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6_8126122027-Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7_8126122027-Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8_8126122027-Bab I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
12_8126122027-Bab V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
13_8126122027-Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui: (1) pengaruh keterampilan berbicara siswa kelas strategi pembelajaran role play lebih tinggi dibanding keterampilan berbicara siswa kelas strategi pembelajaran ekspositori; (2) keterampilan berbicara siswa kreativitas tinggi lebih tinggi dibanding keterampilan berbicara siswa kreativitas rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap keterampilan berbicara.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu. Analisis data yang digunakan adalah Anava Faktorial 2 × 2.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) pengaruh keterampilan berbicara siswa kelas strategi pembelajaran role play lebih tinggi dibanding keterampilan berbicara siswa kelas strategi pembelajaran ekspositori dengan Fhitung > Ftabel (11,328 > 3,96); (2) pengaruh keterampilan berbicara siswa kreativitas tinggi lebih tinggi dibanding keterampilan berbicara siswa kreativitas rendah dengan Fhitung > Ftabel (34,691 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara stategi pembelajaran dan kreativitas terhadap keterampilan berbicara dengan Fhitung > Ftabel (17,496 > 3,96).
Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru untuk menggunakan strategi pembelajaran role play dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Jum p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Kreativitas; Keterampilan berbicara; Bahasa inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 18:59 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 18:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4945 |