Manurung, Rizky (2022) EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN STEM (SAINS, TECHNOLOGY, ENGENEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X MIA DI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153141050 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4153141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM. 4153141050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 4153141050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 4153141050 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM. 4153141050 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM. 4153141050 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8. NIM. 4153141050 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
9. NIM. 4153141050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM. 4153141050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4153141050 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik dengan berbasis STEM (Sains, Technology, Engeneering, And Mathematics). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-April 2022 di SMA Negeri 8 Medan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Pre-Post Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 6 dan X MIA 7 dengan jumlah 72 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik yang telah divalidasi sebelumnya, dan lembar penilaian. Hasil belajar pada materi Kingdom Animalia yang menggunakan LKPD STEM dan Buku Paket dapat dikatakan cukup efektif. Namun berdasarkan hasil nilai rata-rata n-gain skor, terdapat perbandingan cukup signifikan yaitu, LKPD STEM sebesar 0,75, sedangkan pada Buku Paket sebesar 0,57. Berdasarkan perbandingan nilai skor yang cukup signifikan. Penggunaan LKPD STEM lebih efektif terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-132 / 370.152 3 Man e |
Keywords: | Efektivitas; LKPD; STEM; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:04 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49438 |