Nova, Beatrik (2021) PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173351001 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4173351001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3. NIM 4173351001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM 4173351001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. NIM 4173351001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM 4173351001 BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM 4173351001 BAB V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM 4173351001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan multirepresentasi terhadap keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII pada materi Sistem Ekskresi. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan desain pretes-postes di salah satu SMPN Negeri di Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random cluster sampling. Sample penelitian terdiri dari dua kelas masing-masing terdiri dari 27 orang siswa, kelas VIII-H adalah kelas eksperimen yang menerapkan model berbasis masalah menggunakan multirepresentasi dan kelas VIII-J adalah kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran kovensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah dan pilihan ganda dengan 4 option untuk mengukur pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Eksresi. Data pretes dan postes keterampilan pemecahan masalah pada kelas eksperimen adalah masing-masing 50,44 dan 80,48, sedangkan pada kelas kontrol masing-masing 51,92 dan 72,11. Data pretes dan postes pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen adalah 52,10 dan 83,70, sedangkan kelas kontrol adalah 51,33 dan 76,67. Data dianalisis dengan menggunakan uji manova (multivariate analysis of variance). Berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan pemahaman konsep secara signifkan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan multirepresentasi pada pembelajaran IPA pada materi Sistem Ekskresi, dengan kata lain terdapat pengaruh model berbasis masalah menggunakan multirepresentasi terhadap keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa. Persentase peningkatan N-gain keterampilan pemecahan masalah pada kelas eksperimen adalah 61 dan kelas kontrol adalah 42 masing-masing dengan kategori sedang, dan pemahaman konsep pada kelas eksperimen 66 dan kelas kontrol 58 masing-masing dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 IPA 121 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah; Pemahaman konsep; Multirepresentasi; Sistem ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 02:51 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49420 |