Komala, Ratna (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI MAKANAN DAN MINUMAN, FARMASI DAN STEM CELL DI MASA PANDEMI JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181141036 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. 4181141036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. 4181141036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 4181141036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. 4181141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. 4181141036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. 4181141036 TABLES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 4181141036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
12. 4181141036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. 4181141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan buku flipbook materi bioteknologi bagi mahasiswa jurusan biologi angkatan 2019 berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan tanggapan mahasiswa. Penelitian ini mengadopsi model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap penelitian, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Kelebihan model ADDIE yaitu mudah dipelajari dan sederhana serta sistematis, model ini yang kita ketahui bahwa memiliki 5 komponene yang saling berkaitan dan sistematis yang artinya model ini harus digunakan secara sistematik dan tidak bisa diacak urutannya dalam penerapannya. Karenanya model ini bersifat sederhana dan terstruktur secara sistematis maka lebih mudah difahami. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu dosen Universitas Negeri Medan yaitu ahli materi yaitu berjumblah 1 orang, ahli media yaitu berjumblah 1 orang, dan mahasiswa program studi pendidikan biologi angkatan 2019 di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling. Sampel mahasiswa yang dipilih ialah 2 kelas yaitu PSPB 19 E, dan PSPB 19 E, pada kelompok kecil yaitu 5 orang di PSPB 19 D dan 5 orang di PSPB E 19. Dan kelompok besar yaitu PSPB D dan PSPB E yaitu 56 orang, yang sedang menjalankan mata kuliah bioteknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan media pembelajaran berupa buku flipbook berdasarkan ahli materi dan ahli media meliputi: Ahli materi dengan kriteria “Sangat layak” (77,6%), ahli media dengan kriteria “Sangat Layak” (85%), Penilaian siswa terhadap buku flipbook memperoleh penilaian dengan kategori “Sangat layak” (87,63%)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-144 / 371.33 Kom p |
Keywords: | Pengembangan; Buku flipbook; Bioteknologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 06:54 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49393 |