Simaremare, Day Dosmayhot (2022) Pengembangan E-book Biokimia untuk Meningkatkan Basil Belajar dan Motivasi Belajar Calon Guru Kimia. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186142013 COVER.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
2. 8186142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. 8186142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
4. 8186142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
5. 8186142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
6. 8186142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7. 8186142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. 8186142013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
9. 8186142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8186142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
14. 8186142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Teknologi merupakan basis kehidupan manusia sehingga pendidik sebagai
fasilitator harus kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. E-book
mempakan inovasi pengembangan bahan ajar dengan menggunakan teknologi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil analisis kebutuhan bahan ajar,
(2) kelayakan e-book biokirnia metabolisme berdasarkan Badan Standar nasional
Pendidikan (BNSP), (3) peningkatan hasil belajar calon guru kimia setelah
rnenggunakan e-book biokirnia metabolisme, (4) motivasi belajar calon guru
kirnia sctclah mcnggunakan e-book biokirnia mctabolismc, (5) adanya korclasi
yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan peningkatan hasil
belajar calon guru kimia yang menggunakan e-buuk biokima, (6) Mengetahui
respon calon guru kimia terhadap e-book biokirnia metabolisme untuk
pembelajaran biokimia metabolisme. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan model ADDIE. Data diolah menggunakan metode statistic
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya kebutuhan bahan ajar
biokimia mctabolismc, (2) kclayakan e-book biokimia mctabolismc yang
dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan 3.45 dengan kategori sangat
layak, (3) Peningkatan hasil belajar calon guru kimia setelah menggunakan e-buuk
biokimia sebesar 0,74 (kategori tinggi), (4) motivasi belajar calon guru kimia
setelah menggunakan e-book biokimia sebesar 83,19% dengan kategori sangat
termotivasi, (5) Adanya korelasi yang positif signifikan antara motivasi belajar
dengan peningkatan hasil belajar calon guru kimia yang menggunakan e-book
biokimia mctabolismc scbcsar 0.719 dan nilai signifikansi scbcsar 0.006 dcngan
kriteria mempunyai hubungan yang kuat, ( 6) respon cal on guru kimia terhadap ebook
biokimia dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 85,1 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 572.072 Sim p |
Keywords: | E-book biokimia metabolisme; hasil belajar; motivasi belajar; respon calon guru kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 08:31 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49359 |