Isnaini (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar 040460 Berastagi Pada Tema 6 Dengan Subtema Membangun Masyarakat Sejahtera 2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182008 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM. 8186182008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (992kB) | Preview
3. NIM. 8186182008 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 8186182008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM. 8186182008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 8186182008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8186182008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8186182008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM. 8186182008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 8186182008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 8186182008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran berbasis kearifan lokal merupakan salah satu konsep pembelajaran yang bisa dihubungkan dengan pembelajaran tematik mengenai budaya. Pengembangan LKPD atau Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Kearifan Lokal merupakan bentuk pengembangan berdasarkan pengalaman dan proses adaptif pada siswa SDN di Kota Berastagi. Tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah proses pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis kearifan lokal, tingkat kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal dengan Sub Tema Masyarakat Sejahtera Negara Kuat, efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Kearifan Lokal, implementasi Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Kearifan Lokal dalam peningkatan minat belajar siswa dan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Kearifan Lokal dalam peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengembangan R&D dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VI semester II Tahun Ajaran 2021/2022 semester Genap di SDN 040460 Berastagi. Hasil penelitian yang didapat ialah LKPD berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan pada pembelajaran tema menuju masyarakat sejahtera kelas VI semester genap telah sangat valid (sangat layak) digunakan dan tidak memerlukan perbaikan, dengan nilai rata-rata hitung 4,93. Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal lebih tinggi dibandingkanm hasil belajar siswa yang menggunakan buku konvensional, yaitu 68,35% > 23,55%. berdasarkan hasil pengujian hasil belajar siswa diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 30,04> 1,708 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Isn p |
Keywords: | Pembelajaran Tematik, LKPD, Kearifan Lokal, Hasil Belajar, Minat Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 04:18 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 23:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49340 |