Zaky, Naufal (2022) Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas V. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206182024 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8206182024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8206182024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 8206182024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 8206182024 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 8206182024 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 8206182024 PICTURES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM. 8206182024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM. 8206182024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
13. NIM. 8206182024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 8206182024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar PPKn siswa kelas V; (2) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V; (3) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat dan hasil belajar PPKn siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Teladan Guppi Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi yang berjumlah 44 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V-B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji Two Way ANOVA yang dapat dilihat pada hasil Test of Between-Subjects Effects menggunakan bantuan SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;
(1) Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar PPKn siswa kelas V di MI Teladan Guppi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan dan nilai ℎ = 16,742 > = 4,38; (2) Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V di MI Teladan Guppi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi 0,049 < 0,05 dan nilai ℎ sebesar 4,426 > = 4,38; (3) Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar dan hasil belajar PPKn siswa kelas V MI Teladan Guppi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,011 < 0,05 sehingga 0 ditolak dan 1 diterima. Terdapat interaksi antara model pembelajaran Demonstrasi berbantuan video dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn pada siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Zak p |
Keywords: | Metode Demonstrasi, Minat Belajar, Hasil Belajar PPKn. |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:14 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49318 |