Silalahi, Wesly and Karo-karo, Demmu (2015) IMPLEMENTASI LATIHAN KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI MODEL PEMBIASAAN PRILAKU BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR. In: Prosiding Seminar Hasil Penelitian Lembaga Penelitian Unimed tahun 2015.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Jasmani di SD pada materi lari sambung (estafet). Penelitian ini dilaksanakan di PGSD FIP Unimed. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas B Ekstensi yang terdiri dari 36 orang dan sebagai objek penelitian ini adalah Latihan Kelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang masing-masing pertemuan 100 menit. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi yang dilaksanakan pada setiap siklus yang terdiri dari indikator perilaku belajar. Dari hasil observasi, kondisi awal rata-rata perilaku sebesar 2. Sedangkan hasil observasi siklus I dengan rata-rata perilaku belajar latihan 2,66. Pada siklus II, diperoleh data hasil observasi dengan rata-rata perilaku belajar latihan kelompok 3,30 dengan kategori baik, sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus 3.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | 378.154 2 Sil i |
Keywords: | Perilaku; Estafet; Latihan kelompok; Model pembelajaran; Kebiasaan; Motivasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 19:27 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4931 |