Hasibuan, Masitoh (2022) Pengaruh Kemampuan Awal Matematis dan Model Pembelajaran (Project Based Learning dan Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Disposisi Matematis Siswa Di MTs Swasta PAB 1 Helvetia. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196171011 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 8196171011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
3. NIM 8196171011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 8196171011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 8196171011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 8196171011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM 8196171011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 8196171011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8196171011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 8196171011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (2) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa, (3) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (4) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap disposisi matematis siswa, (5) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran (PjBL dan PBL) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (6) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran (PjBL dan PBL) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelinan ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta PAB 1 Helvetia Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian imi adalah siswa kelas VIII-C yang diajarkan denyan model pembelajaran PjBL dan VIII-D yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran dan angket disposisi matematis siswa. Analisis yang digunakan adalah ANAVA Dua Jalur. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh (1) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (2) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran (Project Based Learning dan Problem Based Learning) terhadap kemampuan penalaran matematis, (4) terdapat pengaruh model pembelajaran (Project Based Learning dan Problem Based Learning) terhadap disposisi matematis siswa, (5) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) dan model pembelajaran (PjBL dan PBL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (6) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) dan model pembelajaran (PjBL dan PBL) terhadap disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Has p |
Keywords: | Kemampuan Awal Matematis, Project Based Leraning, Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Disposisi Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 08:46 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49302 |