Normadina (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Optik Geometri di Kelas XI SMA Negeri I Kutalimbaru. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186175008 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 8186175008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM. 8186175008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8186175008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 8186175008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 8186175008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8186175008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 8186175008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8186175008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 8186175008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 8186175008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang valid, efektif dan praktis dalam proses belajar disekolah. Metode dalam penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan model ADDIE yaitu dengan menggabungkan dan mengkolaborasikan perangkat pembelajaran berupa materi yang dikembangkan melalui video pembelajaran, LKPD yang dikembangkan melalui virtual laboratorium PhET Coloradu.edu dan tes evaluasi yang dikembangkan melalui game interaktif Wordwall pada materi optik geometri. Uji Validitas dilakukan oleh dua orang ahli yaitu ahli media dengan skor persentase rata-rata 82% dan ahli materi dengan persentase skor rata-rata 87% termasuk dalam kategori Sangat Valid. Keefektifan media ditinjau dari konsistensi hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan mencapai 84% pada kelompok kecil dengan rata-rata 81,5 terdiri dari 13 orang peserta didik dan 95% pada kelompok terbatas dengan rata-rata 87,3 terdiri dari 20 orang peserta didik sehingga media dinyatakan efektif secara terbatas. Penilaian tingkat kepraktisan dilihat dari respon guru dan siswa sebagai pengguna yaitu respon guru menunjukkan skor dengan persentase 88% pada kategori sangat praktis. Respon siswa pada kelompok kecil menunjukkan angka 81,4% dengan kategori sangat praktis dan kelompok terbatas menunjukkan angka 83% dengan kategori sangat praktis. Hasil rekapitulasi keseluruhan rata-rata data respon siswa sebanyak 33 orang peserta didik menunjukkan angka 82,3% termasuk pada kategori sangat praktis sehingga diperoleh media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang valid, efektif dan praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 621.36 Nor p |
Keywords: | Pengembangan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif, Desain ADDIE,Video Pembelajaran, PhET coloradu.edu dan Wordwall. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 08:14 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49298 |