Panjaitan, Ruth Novia Hartati (2022) Hubungan Kognitif Sejarah Dengan Karakter Nasionalis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XII SMA Swasta Budi Agung. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173121031 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 3173121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 3173121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 3173121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 3173121031 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 3173121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 3173121031 TABELS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3173121031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3173121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM. 3173121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
14. NIM. 3173121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang hubungan kognitif sejarah dengan karakter nasionalis para peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Indonesia
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Korelasional dengan Pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para peserta didik di Kelas XII SMA Swasta Budi Agung pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 241 orang. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik sampling Proposional Random Sampling dengan rumus Slovin yag menghasilkan jumlah sampel sebanyak 71 orang. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan kognitif sejarah dengan karakter nasionalis peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan hasil Koefisien Korelasi Product Moment Pearson (r_xy) = 0,419 yang berarti bahwa hubungan antara kognitif sejarah dan karakter nasionalis peserta didik bersifat positif dan berada dalam golongan berkorelasi sedang dan Uji Signifikansi Korelasi thitung > ttabel yang bernilai 3,833 > 1,995 yang berarti bahwa data penelitian berkorelasi signifikan dan hipotesis dapat diterima.
Kata Kunci : Hubungan, Kognitif Sejarah, Karakter Nasionalis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-077 |
Keywords: | Hubungan; Kognitif Sejarah; Karakter Nasionalis |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 06:41 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49281 |