Ramadhani, Dewi (2022) Pengembangan Tes Objektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8206181010 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
02. NIM. 8206181010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
03. NIM. 8206181010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
04. NIM. 8206181010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
05. NIM. 8206181010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
06. NIM. 8206181010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
07. NIM. 8206181010 TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
08. NIM. 8206181010 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
09. NIM. 8206181010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
13. NIM. 8206181010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 8206181010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Abstract
HOTS merupakan keterampilan berpikir yang sangat penting diterapkan selama proses pembelajaran berlangsung. Soal-soal berbasis HOTS sangat diperlukan untuk melatih dan mengasah kemampuan berpikir peserta didik. Namun, soal-soal tes yang digunakan guru di sekolah masih sebatas mengukur tingkat pengetahuan dan ingatan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes objektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada tema Lingkungan Sahabat Kita di SD sesuai dengan standar kualifikasi tes yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Produk yang dihasilkan berupa instrumen tes objektif HOTS meliputi dimensi kognitif dalam taksonomi Anderson dan Krathwohl. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis secara kualitatif diperoleh kualitas item tes sangat baik dengan persentase 98,53%. Analisis tes secara kuantitatif dari 50 butir soal pada kelompok kecil diperoleh 41 butir (82%) valid dan 9 butir (18%) tidak valid. Hasil analisis pada kelompok besar diperoleh 38 butir soal (92,6%) valid dan 3 butir soal (7,4%) tidak valid. Reliabilitas soal sebesar 0,918. Daya pembeda soal rata-rata dalam kategori baik dengan persentase 74% pada kelompok kecil dan 88,1% pada kelompok besar. Tingkat kesukaran soal pada kelompok kecil 0% kategori mudah, 84% kategori sedang dan 16% kategori sukar. Sedangkan tingkat kesukaran pada kelompok besar 4,9% kategori mudah, 95,1% kategori sedang dan 0% kategori sukar. Efektifitas pengecoh soal rata-rata dalam kategori baik dengan persentase 65% pengecoh efektif pada kelompok kecil dan 70% pengecoh efektif pada kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes objektif HOTS pada Lingkungan Sahabat Kita memiliki standar kualifikasi tes yang baik dan dapat digunakan sebagai instrumen hasil belajar pada tema tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.302 8 Ram p |
Keywords: | Higher Order Thinking Skills (HOTS), Tes Objektif, Tema Lingkungan Sahabat Kita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:17 |
Last Modified: | 16 May 2023 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49259 |