Pengembangan Tes Objektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar.

Ramadhani, Dewi (2022) Pengembangan Tes Objektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 8206181010 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 8206181010 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 8206181010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 8206181010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 8206181010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 8206181010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 8206181010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 8206181010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 8206181010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 8206181010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 8206181010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 8206181010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 8206181010 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 8206181010 TABLES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 8206181010 APPENDIX.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 8206181010 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 8206181010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 8206181010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8206181010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8206181010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8206181010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8206181010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview

Abstract

HOTS merupakan keterampilan berpikir yang sangat penting diterapkan selama proses pembelajaran berlangsung. Soal-soal berbasis HOTS sangat diperlukan untuk melatih dan mengasah kemampuan berpikir peserta didik. Namun, soal-soal tes yang digunakan guru di sekolah masih sebatas mengukur tingkat pengetahuan dan ingatan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes objektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada tema Lingkungan Sahabat Kita di SD sesuai dengan standar kualifikasi tes yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Produk yang dihasilkan berupa instrumen tes objektif HOTS meliputi dimensi kognitif dalam taksonomi Anderson dan Krathwohl. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis secara kualitatif diperoleh kualitas item tes sangat baik dengan persentase 98,53%. Analisis tes secara kuantitatif dari 50 butir soal pada kelompok kecil diperoleh 41 butir (82%) valid dan 9 butir (18%) tidak valid. Hasil analisis pada kelompok besar diperoleh 38 butir soal (92,6%) valid dan 3 butir soal (7,4%) tidak valid. Reliabilitas soal sebesar 0,918. Daya pembeda soal rata-rata dalam kategori baik dengan persentase 74% pada kelompok kecil dan 88,1% pada kelompok besar. Tingkat kesukaran soal pada kelompok kecil 0% kategori mudah, 84% kategori sedang dan 16% kategori sukar. Sedangkan tingkat kesukaran pada kelompok besar 4,9% kategori mudah, 95,1% kategori sedang dan 0% kategori sukar. Efektifitas pengecoh soal rata-rata dalam kategori baik dengan persentase 65% pengecoh efektif pada kelompok kecil dan 70% pengecoh efektif pada kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes objektif HOTS pada Lingkungan Sahabat Kita memiliki standar kualifikasi tes yang baik dan dapat digunakan sebagai instrumen hasil belajar pada tema tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.302 8 Ram p
Keywords: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Tes Objektif, Tema Lingkungan Sahabat Kita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:17
Last Modified: 16 May 2023 10:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49259

Actions (login required)

View Item
View Item