Pengaruh Pendekatan Experiential Learning dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 056587 Pantai Sampah Kecamatan Bahorok. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. 2022

Ishaq, Muhammad (2022) Pengaruh Pendekatan Experiential Learning dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 056587 Pantai Sampah Kecamatan Bahorok. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. 2022. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8214081006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8214081006 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8214081006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8214081006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8214081006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8214081006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8214081006 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8214081006 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8214081006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8214081006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8214081006 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8214081006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8214081006 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8214081006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8214081006 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8214081006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8214081006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8214081006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8214081006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8214081006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8214081006 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8214081006 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan pendekatan experiential learning dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan direct instruction; (2) menganalisis perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah; dan (3) menganalisis interaksi antara pendekatan experiential learning dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa di SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 056587 Pantai Sampah Kecamatan Bahorok sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket kecerdasan interpersonal dan tes hasil belajar PPKn. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan pendekatan experiential learning lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan direct instruction (Fhitung = 6.157 dan nilai sig. 0,017 < 0,05); (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah (Fhitung = 5,098 dan nilai sig. 0,029 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa (Fhitung = 4.285 dan nilai sig. 0,016 < 0,44).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Ish p
Keywords: Experiential learning, direct instruction, kecerdasan interpersonal, hasil belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:42
Last Modified: 16 May 2023 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49248

Actions (login required)

View Item
View Item