Tampubolon, Rosida (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183311044 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 4183311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
3. NIM. 4183311044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM. 4183311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4183311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 4183311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM. 4183311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM. 4183311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM. 4183311044 BAB I.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
14. NIM. 4183311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM. 4183311044 BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan yang akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah kelas VIII-7 SMP Negeri 7 Medan T.A. 2021/2022. Uji coba media dilakukan pada dua skala yaitu uji coba skala kecil dengan 14 orang siswa dan skala besar dengan 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar angket validasi isi media pembelajaran dan lembar validasi konstruk media pembelajaran; (2) lembar angket kepraktisan media pembelajaran oleh guru dan siswa; (3) soal pretest dan posttest; dan (4) lembar angket respon keefektifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini terlihat dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi dengan skor persentase 82,22% dan ahli media dengan skor persentase 83,33% yaitu dengan kategori “sangat layak”. Media pembelajaran yang dikembangkan juga Praktis dengan skor kepraktisan oleh guru sebesar 84% dan skor kepraktisan oleh siswa sebesar 85,25% dengan kategori “sangat praktis”. Dan keefektifan media pembelajaran dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 80%, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 33,4 dan melalui uji N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan sebesar 0,694 dengan kategori peningkatan sedang. Serta angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 84% yang menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-169 / 371.33 Tam p |
Keywords: | pengembangan; media pembelajaran; multimedia interaktif; kevalidan kepraktisan, keefektifan, kemampuan pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 10:08 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49234 |