Rahmah, Utia (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL EKSPERIMEN BERBANTUAN SIMULASI PHET PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206175002 COVER.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
2. 8206175002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
3. 8206175002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
4. 8206175002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
5. 8206175002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
6. 8206175002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
7. 8206175002 TABLES.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
8. 8206175002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
9. 8206175002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
13. 8206175002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
14. 8206175002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas e-modul eksperimen fisika berbantuan simulasi PhET yang dikembangkan, 2) kepraktisan e-modul eksperimen fisika berbantuan simulasi PhET yang dikembangkan, dan 3) keefektifan terhadap penerapan setiap indikator keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA 3 semester I berjumlah 36 orang di sekolah SMA Negeri 1 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli eksperimen, angket respon siswa, lembar observasi keterampilan proses sains dan instrumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 88,6% dengan kategori sangat valid dan untuk penilaian ahli eksperimen skor rata-rata 94% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan e-modul yang ditinjau dari angket respon siswa diperoleh skor kepraktisan sebesar 85,5%, dengan kategori sangat praktis. Adapun aspek keefektifan diperoleh adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa sebesar 83% dengan kategori sangat efektif dan peningkatan hasil belajar siswa diperoleh n-gain sebesar 0,70 dengan kriteria cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Rah p |
Keywords: | e-modul eksperimen fisika, simulasi PhET, ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 08:58 |
Last Modified: | 16 May 2023 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49231 |