Pakpahan, Lenni Sari (2022) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP GAJAH MADA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111039 COVER.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2. NIM 4173111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
3. NIM 4173111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. NIM 4173111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM 4173111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 4173111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 4173111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4173111039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM 4173111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4173111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 4173111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar interaktif berupa buku digital berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi lingkaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket, lembar validasi RPP, lembar validasi buku digital, lembar validasi instrumen tes, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, serta angket respon guru dan siswa terhadap buku digital. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan buku digital dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata validitas buku digital untuk materi adalah 3,25 dan 3,49 untuk media dengan kategori sangat layak; (2) buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) hasil angket respon siswa terhadap buku digital menunjukkan persentase kepraktisan 79,75% dengan kategori sangat praktis, b) hasil angket respon guru terhadap buku digital menunjukkan persentase kepraktisan 91,68% dengan kategori sangat praktis; (3) buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan: a) tercapainya kemampuan berpikir kreatif sebesar 81,56 dengan kategori kreatif, b) lebih dari 65% siswa telah mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator, c) peningkatan hasil analisis N-Gain sebesar 30% siswa mengalami peningkatan yang tinggi dan 70% siswa mengalami peningkatan yang sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-187 / 371.33 Pak p |
Keywords: | Buku digital; pendekatan saintifik; kemampuan berpikir kreatif matematis; lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:17 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49197 |