Nainggolan, Joy Gabriel (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311057 COVER.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
2. NIM 4173311057 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4173311057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM 4173311057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (892kB) | Preview
5. NIM 4173311057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
6. NIM 4173311057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
8. NIM 4173311057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
9. NIM 4173311057 BAB I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
13. NIM 4173311057 BAB V.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
14. NIM 4173311057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning menggunakan video pembelajaran berbasis Realistics Mathematic Education yang bersifat valid, praktis, efektif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variable.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 7 SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan dengan jumlah 30 orang.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil dari validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 3,316 yang menunjukkan bahwa validator ahli materi menyatakan layak materi tersebut, dan hasil validasi RPP mendapatkan hasil rata-rata 3,33 yang menunjukkan bahwa validator ahli materi menyatakan RPP layak, sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh dengan mendapatkan hasil rata-rata 3,35 yang menunjukkan bahwa validator ahli media menyatakan layak, dan hasil dari validasi pre-test & post-test mendapatkan hasil persentase 97,5% yang menunjukkan bahwa validator ahli materi menyatakan sangat layak pre-test & post-test di uji pada siswa. Kepraktisan media pembelajaran dilihat melalui hasil angket respon menunjukkan nilai 91,41% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat melalui dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dan hasil angket respon siswa dengan persentase 86,67% dan 91,41% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, hasil yang diperoleh tingkat kemampuan berpikir kritis siwa berada pada persentase 85,67% berada pada kategori tinggi, sedangkan berdasarkan uji N-Gain nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 0.7 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kategori tinggi. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-223 / 371.33 Nai p |
Keywords: | Media Pembelajaran E-learning; Realistics Mathematic Education; Video Pembelajaran; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:06 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49195 |