Ginting, Debbi Wulandari (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Materi Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 3 Tigapanah. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183131050 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 3183131050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 3183131050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 3183131050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM. 3183131050 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM. 3183131050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 3183131050 TABELS.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 3183131050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 3183131050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM. 3183131050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 3183131050 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
15. NIM. 3183131050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengembangan media pembelajaran Monopoli Materi Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 3 Tigapanah (2) Kelayakan media pembelajaran Monopoli Materi Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia Kelas VII di Smp Negeri 3 Tigapanah (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran Monopoli Materi Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia Kelas VII di Smp Negeri 3 Tigapanah (4) Efektifitas media pembelajaran Monopoli Materi Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia Kelas VII di Smp Negeri 3 Tigapanah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research Of Development dr) dengan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas dan setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Uji coba media pembelajaran dilakukan pada kelas VII-3 dengan jumlah 30 siswa. Pemilihan sampel pemanfaatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan adalah angket dan tes serta dianalisis dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan media pembelajaran monopoli menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap analisis (analysis), desain (design ), Pengembangan (development), Implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). (2) Media pembelajaran monopoli pada materi potensi sumber daya hutan di Indonesia dikategorikan sangat layak.Hal ini didasarkan pada hasil penilaian oleh ahli materi pada tahap I memperoleh 65 % dan pada tahap II menjadi 91,4%, penilaian ahli media pada tahap I memperoleh 84,15 % dan pada tahap II menjadi 100 %, penilaian guru pada tahap I memperoleh 75,3% ,menjadi 86,8 % . (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran monopoli sebesar 89,6 % dikategorikan sangat baik. (4) Media pembelajaran monopoli pada materi potensi sumberdaya hutan di Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Tigapanah dikategorikan efektif, ditunjukkan oleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,33 %
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-GEO-084 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Monopoli; Materi Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 06:18 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49187 |