LPPM Universitas Negeri Medan (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. EC00202139260.
EC00202139260.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran keterampilan teknik dasar bermain Sepakbola berbasis multimedia interaktif, dengan hasil produk dalam bentuk buku cetak dan soft file yang dikemas dalam bentuk aplikasi Playstore pada Handphone interaktif dan VCD yang nantinya akan dipakai baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam latihan mandiri untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran matakuliah Sepakbola serta mempermudah dosen untuk mencapai tujuan yang diharapkan serta menghasilkan produk bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis “Blended Learning” dimasukkan dalam konten SIPDA Unimed. Pembelajaran sepakbola di perguruan tinggi yang diperuntukkan untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dirancang oleh pendidik dalam rangka peningkatan keterampilan sesuai dengan tahapan perkembangan mahasiswa. Model yang akan digunakan dalam multimedia interaktif yang terdiri dari delapan pokok bahasan yaitu; Sejarah, Filling Ball dan Passing, Stopping, Dribbling, Heading, Trow In, Goal Keeper dan Low of the Games (peraturan permaian). Tahapan dalam penelitian ini adalah Tahap pertama: (1). Menganalisis kebutuhan mata kuliah sepakbola seperti merancang materi mata kuliah, merumuskan silabus, program pembelajaran, bahan ajar, dan untuk merancang evaluasi. Tahap kedua: (1). Mengembangkan produk awal, seperti menyusun silabus, program pembelajaran, bahan ajar, (2). Menyusun model media interaktif Aplikasi Playstore HP dan VCD berupa video, gambar, suara, dan Tahap ketiga: (1). Uji coba produk, (2). Revisi produk (sesuai dengan hasil analisis), (3). Uji coba pada mahasiswa PJKR FIK Unimed. (4). Melakukan revisi produk sesuai hasil uji coba. (5). Melakukan uji coba operasional untuk mengetahui efektivitas produk. (6) penilaian hasil belajar sepakbola. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian membuktikan bahwa melalui model pembelajaran sepakbola berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bermain sepakbola secara efektif dan efisien dan dapat digunakan dalam pembelajaran dan latihan mandiri mahasiswa sebenarnya.
Item Type: | Patent |
---|---|
Keywords: | Sepakbola; Multimedia interaktif; Model pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 08:42 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49102 |