Product Kreatif & Kewirausahaan Project Berbasis Produk Untuk SMK Pariwisata Kelas XI

Simanullang, Rotua Sahat Pardamean and Mutmainnah, Sri and Siregar, Ellys and Sitanggang, Gartima (2022) Product Kreatif & Kewirausahaan Project Berbasis Produk Untuk SMK Pariwisata Kelas XI. Economic & Business Publishing, Medan.

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model-model pengembangan kawasan wisata tidak lepas dari perkembangan teknologi dan sosial.Perkembangan ini juga dipengaruhi perkembangan jenis wisata yang diinginkan dan dilakukan masyarakat.Dilihat dari intensitas interaksi dengan masyarakat lokal, menurutnya ada tiga model pariwisata yaitu ;Model enklave, Model Berbaur, dan Model Individual. Ketiga pengembangan model kawasan wisata diatas memiliki faktor positif maupun negatif terhadap masyarakat lokal sekitar kawasan wisata. Itu sebabnya pembangunan pariwisata yang akan dilakukan harus disesuaikan dengan keadaan masyarakat pendukung kawasana wisata tersebut dan juga disesuaikan dengan keinginan terbesar wisatawan.
Ada tujuh komponen yang saling berkaitan dalam pengembangan kawasan wisata yakni: Daya tarik dan aktivitas wisata; Akomodasi; Fasilitas dan pelayanan wisata; Sistem infrastruktur; Sistem transportasi; Elemen-elemen kelembagaan dan Pelestarian lingkungan. Keseimbangan pengembangan aspek-aspek diatas menentukan keberhasilan serta pembangunan pariwisata. Ketidakseimbangan ketujuh aspek akan menyebabkan gagalnya pembangunan pariwisata juga akan memunculkan dampak – dampak negatif dari keberadaan kawasan wisata, baik terhadap masyarakat lokal maupun terhadap lingkungan.

Item Type: Book
Keywords: Konsep sejarah Perkembangan Pariwisata; ciri produk wisata; motivasi dan unsur wisata
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Nov 2022 04:52
Last Modified: 11 Nov 2022 04:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49096

Actions (login required)

View Item
View Item