Rahman, Abdul Developing Learning Materials of Writing Pantun Ecolinguistic Based for Students of class SMP PAB 2 Helvetia Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176192034 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 8176192034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 8176192034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM. 8176192034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 8176192034 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8176192034 TABELS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8176192034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8176192034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
12. NIM. 8176192034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM. 8176192034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti produk dan kelayakan pengembangan
bahan ajar menulis pantun berbasis ekolinguistik pada siswa kelas VII SMP PAB
2 Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP PAB 2 Helvetia Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu kelas
VII SMP PAB 2 Helvetia Medan . Penelitian ini dilaksanakan pada semester
genap tahun pembelajaran 2020/2021. Proses pengembangan bahan ajar
menggunakan model pengembangan Hanafin dan eck, antara lain penilaian
kebutuhan, tahap desain dan implementasi. Instrumen pengumpulan data
dilakukan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Hasil pengembangan
bahan ajar pada pembelajaran menulis pantun berbasis ekolinguistik dapat
digunakan. 2) Hasil kelayakan pengembangan bahan ajar menulis pantun berbasis
ekolinguistik dinyatakan layak karena seluruh hasil penilaian berada pada kategori
“sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli materi dinyatakan “sangat baik” dengan
seluruh aspek penilaian mendapat rata-rata 85,4, hasil validasi oleh ahli desain
modul dinyatakan “sangat baik” dengan seluruh aspek penilaian mendapat ratarata
89,91 dinyatakan “sangat baik”, respon penilaian guru bahasa Indonesia
dengan rata-rata 82,29 pada kriteria “ baik”. Perolehan hasil uji coba perorangan
dinyatakan “baik” dengan persentase rata-rata sebesar 73,33. Perolehan hasil uji
coba kelompok kecil dinyatakan “baik” dengan persentase rata-rata 75,14.
Perolehan hasil uji coba lapangan terbatas dinyatakan “baik” dengan persentase
rata-rata sebesar 81,32
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.888 Rah p |
Keywords: | bahan ajar; menulis; pantun; ekolinguistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4500 Essays (Literary history) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 09:36 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49066 |