Studi Tentang Penerapan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2020/2021

Sihotang, Maria Melisa Gilbert (2021) Studi Tentang Penerapan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2163151008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2163151008 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2163151008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2163151008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2163151008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2163151008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2163151008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2163151008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2163151008 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2163151008 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2163151008 PICTURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2163151008 PICTURES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2163151008 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2163151008 TABLES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2163151008 DIAGRHAMS.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2163151008 DIAGRHAMS.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2163151008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2163151008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 2163151008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 2163151008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2163151008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2163151008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 2163151008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 2163151008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan bagaimana
penerapan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Ilustrasi pada hasil belajar
menggambar Ilustrasi siswa, berhasil atau tidaknya penerapan Komik Strip
sebagai Media Pembelajaran Menggambar Ilustrasi, dan pemahaman siswa
terhadap penyampaian pembelajaran menggambar Ilustrasi melalui Komik Strip.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi
siswa terdiri dari 10 kelompok kelas sebanyak 320 siswa. Sampel yang diambil
dengan teknik simple random sampling, diambil secara acak terhadap 10
kelompok kelas menjadi 1 kelas dengan jumlah siswa 32 orang. Pengumpulan
data dikumpulkan melalui hasil belajar menggambar ilustrasi siswa, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil karya siswa Siswa menggambar ilustrasi yang
dilihat melalui komik strip, kemudian karya siswa dinilai dengan indikator
penilaian ilustrasi Andrew Loomis 5P 5C: proporsi, penempatan, perspektif,
bidang, pola, konsep, konstruksi, kontur, karakter, konsistensi. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh 2616, rata-rata 81(Baik). Proporsi 80(Baik). Penempatan
80(Baik). Perspektif 80(Baik). Bidang 83(Baik). Pola 82(Baik). Konsep
85(Baik). Konstruksi 82(Baik). Kontur 81 (Baik). Karakter 81(Baik). Konsistensi
81(Baik). Kesimpulannya adalah hasil belajar menggambar ilustrasi siswa melalui
media komik strip berhasil dan mendapatkan kategori baik. Siswa memahami
pembelajaran menggambar ilustrasi melalui komik strip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komik Strip; Media Pembelajaran; Menggambar Ilustrasi
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
N Fine Arts > NX Arts in general > NX650 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:37
Last Modified: 05 Dec 2022 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49045

Actions (login required)

View Item
View Item