Siregar, Angelie Yolanda (2021) Upaya Mengatasi Dampak Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Gambar Bentuk Pada Siswa Kelas X SMA Dharma Pancasila Medan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2171151002 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 2171151002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 2171151002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 2171151002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5. NIM. 2171151002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
6. NIM. 2171151002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 2171151002 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 2171151002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 2171151002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM. 2171151002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 2171151002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online untuk
menyampaikan materi ajar melalui media internet sebagai penghubungnya. SMA
Dharma Pancasila Medan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang
melaksanakan kegiatan pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dampak pembelajaran daring serta upaya mengatasinya dalam
mata pelajaran gambar bentuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Quota
Sampling, dan keseluruhannya berjumlah 17 orang yang terdiri dari, 1 orang
kepala sekolah, 1 orang guru bidang studi seni budaya, dan 15 orang siswa kelas
X SMA Dharma Pancasila Medan. Data dalam hasil penelitian diperoleh dengan
menggunakan teknik wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kekurangannya
tersendiri. Adanya pembelajaran daring yang prosesnya dapat dilaksanakan
dengan fleksibel, praktis, dan efisien, terbukti sangat membantu dalam
melangsungkan kegiatan belajar mengajar di rumah selama masa pandemi Covid-
19. Pembelajaran daring akan berjalan dengan baik apabila segala faktor
pendukungnya dapat dipenuhi. Namun, dikarenakan adanya kendala yang dapat
timbul dari berbagai faktor seperti keterbatasan fasilitas, jaringan tidak stabil,
ataupun munculnya rasa jenuh, seseorang dituntut untuk memiliki inisiatif dalam
mengatasi masalahnya sendiri, ataupun dapat memanfaatkan bantuan-bantuan
yang diberikan oleh pihak sekolah. Ditinjau dari adanya kendala yang terjadi,
upaya persiapan sebelum belajar perlu dipertimbangkan agar kegiatan saat
pembelajaran daring nantinya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Daring; Dampak; Upaya; Gambar Bentuk |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 02:19 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49020 |