PEMBELAJARAN DENGAN LINGKUNGAN YANG KAYA

Tambunan, Hamonangan (2009) PEMBELAJARAN DENGAN LINGKUNGAN YANG KAYA. In: International Seminar Resource Based Instruction, 21 Feb 2009, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan yang semakin kompleks, tidak cukup hanya menggunakan pengetahuan dan alat dalam domain yang tunggal. Harus belajar untuk menggu, akan dalam domain dan situasi yang baru dan berbeda. Kreativitas dibutuhkan dalam pemecahan masalah secara fleksibel. Untuk ini dibutuhkan kemampuan untuk memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman dalam menentukan jenis permasalahan. Mengaktualiasiskan dibutuhkan hal yang dapat memudahkan pemelajar membangun dirinya untuk belajar aktip. Adapun
upaya untuk mefasilitasinya adalan membentuk lingkungan belajar yang kaya. Lingkungan belajar ini memiliki karakterisltik sebagai berikut: (1) warisan dari konstruktivis (Constructivist heritage); (2) pembelajaran otentik (authentic instruction); (3) resposibilitas pemelajar (student responsibility); (4) Belajar kolaboratif (Colaborative learning); (5) kegiatan belajar penumbuhan (generative learning activities); (6) penilaian otentik (authentic assessment). Masing-masing karakteristik yang dimiliki lingkungan ini saling mendukung dan menggunakan sesamanya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 370 Tam b
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan; Lingkungan; Konstruktivis; Responsibilitas; Collaborative learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 May 2016 22:07
Last Modified: 02 May 2016 22:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item
View Item