KESIAPAN PERGURUAN TINGGI DI SUMATERA UTARA MENGHADAPI ERA NEW NORMAL COVID 19 DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN LINGKUNGAN KAMPUS

Kholis, Azizul and Fitriani, Arifa Devi (2021) KESIAPAN PERGURUAN TINGGI DI SUMATERA UTARA MENGHADAPI ERA NEW NORMAL COVID 19 DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN LINGKUNGAN KAMPUS. INOVASI: Jurnal Politik dan Kebijakan, 18 (1). pp. 1-8. ISSN 2614-8935 ( online); 2615-3815 ( print)

[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan Perguruan Tinggi di Provinsi Sumatera Utara dalam memasuki New Normal pasca Covid-19 dalam perspektif Manajemen Lingkungan Kampus/Perguruan Tinggi. Studi dilaksanakan sejak 1 Juni sd 30 Agustus 2020 pada PTN dan PTS yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teeknik pertimbangan (Judgment Sampling) digunakan dalam penelitian ini dikarenakan kondisi pandemi Covid 19 maka dipilih perguruan tinggi yang langsung dapat diakses kepada setiap perguruan tinggi tersebut. Dengan pendekatan stake holder teori yang menguraikan seluruh pemangku kepentingan terhadap lingkungan kampus berdasarkan pendapat dan persepsi responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda dua sampel berpasangan (two independent test). Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan kesiapan manjemen antara kampus PTN dibandingkan kampus PTS secara signifikan dalam hal kesiapan pengelolaan lingkungan untuk mendukung kondisi new normal. Variabel yang diuji secara regresi berganda menunjukkan kesiapan dalam pengelollan lingkungan kampus yang meliputi Dukungan Pimpinan Universitas, Dukungan staf pengajar, dukungan peraturan kampus, sangat membantu untuk mendukung manajemen lingkungan pada PTN dan PTS yang ada. Hasil penelitian ini daiharapkan menjadi referensi dalam hal kebijakan manajemen lingkungan di kampus untuk jangka panjang. Keterbatasan Penelitian adalah pada sampel hanya 5 Perguruan tinggi Swasta dan 3 perguruan Tinggi Negeri saja mengingat keterbatasan waktu penelitian dalam kondisi Covid 19. REkomendasi untuk penelitian lanjutan adalah dapat menambah jumlah sampe dan memprerluas cakupan penelitian agar memiliki daya generalisasi yang cukup luas.

Item Type: Article
Keywords: kampus; manajemen lingkungan; Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Nov 2022 10:56
Last Modified: 03 Nov 2022 10:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48925

Actions (login required)

View Item
View Item